tesss

Wordpress Admin LoginPada postingan saya sebelumnya telah saya bahas cara melakukan Instalasi WordPress Menggunakan cPanel, maka berikut ini ada lanjutan dari tutorial tersebut  yaitu Configurasi WordPress agar Friendly SEO dengan tujuan mendapat prioritas dari search engine.
Setelah selasai melakukan Instalasi wordpress Anda dapat langsung mengakses  Administrator Panel (Back Office Panel) yang berfungsi untuk melakukan Konfigurasi, Posting Content dan Instalasi Extend Scrip Plugin dll.
Cara mengakses Administrator Panel  Anda adalah melalui http://namadomainAnda.com/wp-admin

Login Admin untuk Confirgurasi, Posting Artikel, Install Plugin dll
Masukkan Usename dan Pasword yang anda Input pada Proses Instalasi Sebelumnya kemudian klik Login.
Note : Jika Anda lupa Username dan Password anda bisa mengunakan Fasilitas  Lost your password ?  , secara otomatis Username dan Pasword akan di kirimkan ke alamat email Anda yang anda input pada saat instalasi.
Jika berhasil login anda akan jumpai tampilan seperti ini :
Dasboard WordPress
Tampilan Administrator - Dasboard WordPress
Setelah berhasil login anda harus melakukan serangkayan setting, klo disini saya istilahkan WordPress Tuning Up yaitu upaya untuk mengoptimalkan worpress agar SEO Friendly.
Langkah – langkahnya terdiri dari :
1. Setting – General Setting
2. Setting – Permalink
3. Install Plugin
4. add Category  & Tags
5. Posting Artikel & Upload Gambar
6. Create Page
1. Setting – General Setting
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah “General Setting” WordPress Anda dengan mengakses Menu Setting – General
General Setting WordPress
General Setting WordPress
  • Isilah site title sesuai dengan Keyword yang anda targetkan  contoh jika anda memiliki target Pimery Keyword “Resep Masakan”  dan Secondary Keyword  “Resep Kue Kering”, “Resep Puding” Fokus Segmen Wilayah Indonesia.
Maka dapat anda susun Site Title Sperti 2 Contoh Berikut :
Site Title contoh 1 : Resep Masakan | Kue Kering | Puding  – Indonesia
Site Title Contoh 2 : Aneka Resep Masakan, Kue Kering, Puding Khas Indoensia
Kedua Contoh diatas sama-sama memenuhi kreteria Keyword Target namun jika anda diminta untuk memilih, tentu anda akan cenderung memilih  Site Title  yang memiliki penjelasan terperinci sperti paada Site Title Contoh 2.
  • Kemudian Isilah Tagline dengan disertai Primary Keyword  yang menjelaskan atau memperkuat isi dari web site anda.
Contoh Tagline : Aneka Resep Masakan Lezat Nusantara
  • WordPress Address (URL) dan  Site Address (URL) secara otomatis tersisi dengan http://namadomainAnda.com
  • Isilah email Address dengan alamat email yang aktive anda gunakan karna segala informasi yang terkait dengan website anda akan di konfirmasikan pada email tersebut.
nah selanjutnya untuk setting (membership, New User Default Role, Timezone, Date Format, Time Format, Week Start On) tidak perlu di lakukan perubahan.
Kemudian klik tombol Save Change.
2. Setting – Permalink
Langkah selanjutnya adalah melakukan perubahan bentuk format link standard menjadi format link yang Friendly SEO, caranya dengan meng akses menu Setting – Permalink.
Setting Permalink Worpress
Setting Permalink Worpress
disini saya rekomendasikan pilihan model permalink “Day and name” yaitu bentuk link yang membawa tanggal posting dan judul posting.
kemudian Klik tombol Save Changes.
3. Install Plugin
Plugin adalah Script tamban yang memperluas fungsi program yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan fungsi tertentu.
Worpress memiliki banyak dukungan dari plugin-plugin yang di kembangkan secara terpisah oleh para developer Dunia dan di sumbangsihkan “share” secara free kepada wordpress comminity.
Saking banyaknya Plugin-Plugin yang di hasilkan oleh wordpress community membuat banyak orang bingung harus memelih yang mana yang cocok digunakan untuk website mereka, berikut ini akan saya contohkan bagaimana cara menginstall sebuah plugin dan plugin apa saja yang di rekomendasikan agar menunjang  SEO  dan Fungsi website anda.
Sebalum Anda Melakukan Instalasi Plugin yang lain aktifkan terlaebih dahulu Plugin-Plugin Standard yang di rekomendasikan, dalam hal ini saya sarankan Aktivekanlah Plugin Akismet Anda untuk security web anda dari Command Spam.
A. Aktifkan Plugin Akismet.
Langkahnya Sebagai berikut :
Langkah Pertama : klik menu Plugin hingga Muncul tampilan seperti dibawah ini

0 komentar:

Posting Komentar